Kami berusaha dengan tenaga kami agar menjadi yang lebih dari yang terbaik

Cara Merawat Kucing Hutan Dengan Benar

Jenis Dari Kucing Hutan Dan Cara Merawatnya-Kucing Hutan adalah hewan yang banyak disukai untuk dipelihara. Bukan hanya karena manjanya atau bulu yang panjang serta halus. Tetapi, kucing liar atau hutan banyak disukai karna lebih agresif, aktif serta pemberani.

Jenis Dari Kucing Hutan Dan Cara Merawatnya


Bila umumnya kucing kampung berburu tikus tempat tinggal yang memiliki ukuran kecil. Kucing hutan bisa berburu tikus besar, burung serta reptil. Bahkan juga hewan yang berkali-kali lebih besarpun juga diburu kucing ini seperti kerbau.

Jenis Kucing Hutan


1.Macan Dahan Benua

Macan dahan benua dengan nama ilmiahnya Neofelis nebulosa adalah jenis kucing yang mempunyai ukuran sedang.

Kucing ini banyak menyebar di daerah asia tenggara, di daerah pegunungan Republik Rakyat Tiongkok, indocina, india serta semenanjung Melayu. Dan kucing ini sudah punah di alam bebas.

Di indonesia ada juga macan dahan yang hidup di pulau kalimantan serta sumatera. Tetapi jenis itu tidak di anggap satu spesies dengan macan dahan benua mulai sejak th. 2006.

2.Kucing Bengal atau Blacan

Kucing bengal adalah keturunan ke-3 dari persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing blacan termasuk sebagai kucing rimba, walau bagaimanapun banyak yang menyukai hewan ini untuk jadikan peliharaan. 

Hewan ini datang dari California, Amerika Serikat. Ciri kucing yaitu mempunyai ukuran tubuh yang panjang serta otot-otot pada tububhnya juga kuat. Selain itu tulang badannya besar serta tebal, dengan bulu rapat serta halus. 

Kucing bengal atau blacan dalam sistem pemeliharaanya memerlukan perawatan khusu terlebih pada bulunya. Bulunya bisa dirawat dengan digosok dengan lembut memakai sikat yang lembut.

3.Kucing Batu

Kucing batu atau Pardofelis marmorata adalah kucing rimba yang hidup di asia selatan serta asia tenggara. Kucing ini masuk dalam kelompok yang rentang kepunahan oleh IUCN (Uni Internasional untuk Konversi Alam). Keseluruhan populasi hewan ini kurang 10. 000 kucing dewasa. 

Dulunya kucing ini di anggap mempunyai keturunan dari pantherine atau kucing besar. Kamudian analisa genetik menujukkan kalau ia erat kainnya denga kucing emas. 

Kucing batu mempunyai badan sepanjang 46 hingga 62 cm serta panjang ekor 35 hingga 55 cm. Badan kucing ini dapat mencapai 5 kg. Untuk warna bulu kucing ini serupa dengan kucing dahan yakni coklat abu-abu, kuning serta hitam.


4.Macan Dahan Kalimantan

Macan dahan kalimantan punya latin Neofelis Diardi adalah kucing liar dengan ukuran badan yang sedang. Hewan ini hidup di pulau kalimantan serta sumatera. Pemberian nama Borneo Clouded leopard atau macan dahan kalimantan pada 14 maret 2007 oleh WWF (World Wide Funt for Nature). 

Nama macan pada hewan bukanlah berarti macan dahan kalimantan ini sama juga dengan spesies macan tutul. Nama Neofelis diardi disematkan pada macan dahan kalimantan sebagai penghormatan pada seseorang penjelajah dari Prancis. Makna Felis Diardi yaitu kucingnya Diard 

Macan dahan kalimantan adalah jenis kucing pemangsa paling besar yung ada dikalimantan. Dengan badan yang besar serta kekar, kucing ini begitu kuat. Berat badannya mencapai 25 kg sedang panjangnya bisa mencapai 90 cm. 

Taring giginya sepanjang dua inci, hal tersebut proposional dengan ukuran tengkoraknya. Bulu macan dahan kalimantan berupa oval tidak teratur dengan bagian pinggir warna hitam serta warna hitam pada titik tengahnya. 

Ekor kucing ini bisa tumbuh sepanjang dengan badannya, hal semacam ini bisa membantu keseimbangan kucing. 

5.Kucing Emas Asia

Kucing emas asia atau Pardofelis temmincki, syn. Catopuma temmincki adalah kucing hutan yang hidup di asia tenggara dengan ukuran sedang. Menurut IUCN pada th. 2008, kucing ini masuk klasifikasi kucing yang nyaris punah. Ini sebabkan ramainya pemburuan serta hilangnya habitat hidup. 

Kucing emas asia hidup hampir di semua Asia Tenggara. Seperti Tibet, Nepal, Bhutan, India serta Bangladesh lalu myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. 

Habitat yang mereka gemari dengan lokasi rimba yang diselingi daerah berbatu. Kucing ini bnyak diketemukan di hutan topis yang hijau serta subtropis.

6.Kucing Kuwuk

Kucing kuwuk  dengan nama latin Prionailurus Bengalensis adalah kucing hutan yang memiliki ukuran kecil. Kucing jenis ini banyak diketemukan di Asia Selatan serta Timur. 

Pada th. 2002 kucing masuk dalam spesies berisiko rendah oleh IUCN (Uni Internasional untuk Konversi Alam). Hal tersebut dikarenakan kucing terdistribusi secara luas. Walau demikian kucing ini terancam punah karna habitat serta perburuan di banyak wilayah. 

Kucing kuwuk mempunyai nama bhs inggris leopard cat, berasaldari bintik-bintik seperti macan tutul. 

Hewan ini mempunyai penyebaran yang begitu luas. Persebaran hewan ini meluas dari lokasi Amur di Timur Rusia samai ke semananjung Korea. Ada jugu di china bahkan juga sampai Kepulauan Sundah di Indonesia.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Kucing Hutan Dengan Benar