Kami berusaha dengan tenaga kami agar menjadi yang lebih dari yang terbaik

Jenis-jenis Burung Hantu dan Penjelasannya

Jenis-jenis Burung Hantu dan Penjelasannya- Hantu Adalah sekumpulan burung ordo strigiformes. Burung ini masuk kedalam spesies burung buas karnivora (pemakan daging), burung hantu juga adalah noktural (hewan malam).


Jenis-jenis Burung Hantu


Di Indonesia burung ini memiliki beberapa nama penyebutan selain burung hantu, contoh di daerah Jawa burung ini dikatakan sebagai manuk kokok beluk atau manuk deres, di Sulawesi di kenal dengan mangubi yang nama-nama itu tak ada konotasinya dengan maut maupun hantu.

Baca Disini Untuk Penjelasannya - Apa itu Burung Hantu , Penjelasannya


Burung hantu begitu berlainan dengan burung lain hal tersebut bisa diliat dari bentuk fisiknya terlebih di bagian matanya yang besar serta menghadap ke depan tidak seperti burung-burung biasanya yang mengadap ke samping kanan kirinya.

Jenis Burung Hantu di Indonesia


Beluk Jampuk

Beluk jampuk dalam bhs latin dimaksud dengan bubo sumatranus dan dalam bhs Inggris dimaksud barred eagle-owl ini memiliki ukuran sekitaran 40 – 46 cm. Burung ini memiliki lokasi penyebaran mencakup Indonesia yang terbagi dalam (Bangka, Bali, Jawa, Kalimantan, serta Sumatera), Malaysia, Thailand bagian selatan, Brunei Darussalam.

Beluk Watu Jawa 

Beluk watu Jawa yang dalam istilah ilmiah dimaksud glaucidium castanopetrum ini ukurannya sekitaran 24 cm, asli endemik Jawa dan Bali. Dalam bhs Inggris dikatakan sebagai Javan Owlet.


Beluk Ketupa 

Beluk ketupa atau ketupa ketupu yang dalam istilah bhs Inggris dimaksud buffy fish-owl ini memiliki ukuran 40 – 48 cm, daerah penebarannya mencakup Vietnam, Thailand, Sngapura, Myanmar, Malaysia, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Bangladesh, dan Indonesia yang mencakup (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Bangka, dan pulau-pulau yang berada di sektarnya. 

Beluk Watu Gunung 

Beluk watu gunung atau glaucidium brodiei yang dalam bhs Inggris dimaksud collared owlet ini penebarannya mencakup Brunei Darussalam, Bhutan, Kamboja China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Nepal, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia (Sumatera serta Kalimantan).


Pungguk Kokodok 

Pungguk kokodok atau ninox boobok dalam bhs Inggris dimaksud southern boobok ini memiliki ukuran 27 – 36 cm, daerah penebarannya mencakup Indonesia (Timor, Pantar, Jamdena, Alor, serta Papua bagian selatan), Australia, Timor Leste, serta Papua New Guinea.

Punggok Togian 

Punggok togian atau ninox burhani yang dalam bhs Inggris disebut near threatened ini adalah hewan endemik Indonesia berasal dari (Kep. Togian Sulawesi Tengah).

Punggok Gonggong 

Punggok gonggong atau ninox connivens dalam bhs Inggris dimaksud barking owl, barking boobook ini memiliki ukuran 35 – 45 cm, penyebarannya mencakup Indonesia (Papua bagian barat daya, Halmahera, Obi, Bisa, Bacan, Mandioli, serta Kasurata), Australia serta Papua New Guinea.

Pungguk Tanimbar 

Pungguk tanimbar atau Pungguk Maluku ini memiliki nama latin yakni ninox forbesi yang dalam bhs Inggris dimaksud tanimbar boobook. Pungguk tanimbar terlebih dulu dianggap subspesies dari Pungguk Maluku (ninox squamipila). Asli endemik Indonesia (Pulau Jamdena dan pulau kecil di sekelilingnya).


Pungguk Halmahera 

ungguk Halmahera sebelumnya di anggap subspesies dari Pungguk Maluku (ninox squamipila). Endemik Maluku Utara (Pulau Halmahera, Bacan, dan Obi) dalam bhs Inggris dimaksud Halmahera boobook. 


Pungguk Buru 

Pungguk buru diawalnya juga di anggap jadi subspesies dari pungguk Maluku. Burung hantu endemik Pulau Buru, Maluku. Dalam bhs Inggris burung ini dikatakan sebagai burung buru boobook. 


Punggok Minahasa 

Punggok Minahasa atau pungguk merah-tua dengan nama ilmiah ninox ios serta dalam Bhs Inggris dimaksud cinnabar boobook ini memiliki ukuran 22 cm, adalah burung endemik Indonesia (Sulawesi Utara dan Gorontalo). 


Pungguk Cokelat 

Pungguk cokelat atau ninox japonica dalam Bhs Inggris dimaksud northern boobook pada awalnya di anggap subspecies dari ninox scutulata. Penebarannya mencakup Brunei Darussalam, Malaysia, Hongkong, Jepang, China, Korea, Korea Utara, Filipina, Rusia, dan Indonesia (Jawa area tengah dan timur, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku Utara). 

Punggok Tutul 

Punggok tutul atau ninox punctulata yang dalam Bhs Inggris dikatakan sebagai speckled boobook atau speckled hawk-owl ini memiliki ukuran 27 cm. Burung hantu ini marupakan burung endemik Indonesia (Sulawesi dan pulau kecil disekitarnya.

Punggok Oker 

Punggok oker atau ninox ochracea yang dalam Bhs Inggris dikatakan sebagai orche-bellied boobook ini adalah hewan endemik Sulawesi.


Punggok Wengi 

Punggok wengi atau ninox rudolfi dalam Bhs Inggris dimaksud sumba boobook ini memiliki ukuran 35 – 40 cm serta adalah burung endemik Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 


Punggok Cokelat 

Punggok cokelat atau ninox scutulata dalam Bhs Inggris diberi nama brown boobook/brown hawk-owl memiliki daerah penebaran di Brunei Darussalam, Bangladesh, Bhutan, Hongkong, China, Filipina, Kamboja, Laos, India, Malaysia, Myanmar, serta paling banyak Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa sisi barat, serta pulau-pulau yang ada di sekelilingnya. 


Pungguk Maluku 

Pungguk Maluku atau ninox squamipila dalam Bhs Inggris dimaksud seram boobook, burung hantu jenis ini memiliki ukuran 25 – 39 cm serta adalah burung endemik Pulau Seram, Kelang, serta Ambon (Maluku). 


Pungguk Sumba 

Pungguk Sumba atau ninox sumbaensis dalam Bhs Inggris dimaksud least boobook/little sumba-owl memiliki ukuran badan sekitaran 23 cm serta merupakan burung endemik Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 


Punggok Rimba 

Punggok rimba dengan nama beda pungguk Papua ini memiliki nama latin ninox theomacha sedang dalam Bhs Inggris dimaksud jungle boobook, burung ini memiliki ukuran 27 cm. 


Celepuk Flores 

Celepuk Flores dengan nama ilmiah otus alfredi dan dalam Bhs Inggris dimaksud flores scops owl. Jenis burung ini memiliki ukuran badan sekitaran 21 cm.

Celepuk Jawa 

Celepuk Jawa dengan nama ilmiah otus angelinae serta dalam arti Inggris diberi nama Javan scops owl burung ini memiliki ukuran badan skitar 20 cm, burung ini adalah burung endemik pulau Jawa.

Celepuk Biak 

Celepuk Biak memiliki nama latin otus beccarii di negara barat burung ini dimaksud dengan Biak scops owl. Burung hantu jenis ini adalah burung endemik Pulau Biak dengan ukuran badan kurang lebih 25 cm.

Celepuk Raja 

Celepuk raja atau otus brookii yang dalam arti orang barat dimaksud rajah scops-owl ini memiliki ukuran 23 cm yang menyebar di Inonesia (Sumatera serta Kalimantan Utara), Serawak, serta Malaysia.


Celepuk Sangihe 

Celepuk Sangihe atau otus collari dalam Bhs Inggris diberi nama Sangihe scops owl ini memiliki ukuran sekitaran 19 cm. 


Celepuk Enggano 

Celepul enggano atau otus enganensis dalam Bhs Inggris dimaksud sebgai Enggano scops owl, mempunyai badan yang memiliki ukuran 20 cm, burung ini meupakan burung endemik Pulau Enggano (Bengkulu). 


Celepuk Rinjani 

Celepuk Rinjani atau otus jolandae dalam Bhs Inggris dimaksud Rinjani scops-owl, burung hantu jenis ini adalah burung endemic Pulau Lombok, NTB. 


Celepuk Reban 

Celepuk reban atau otus lempiji dalam Bhs Inggris dimaksud Sunda scops-owl, memiliki ukuran 20 cm serta menyebar di Negara Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, serta Indonesia yang mencakup (Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bangka, Bali, serta Pulau-pulau yang ada di sekelilingnya. 

Otus Lettia 

Otus lettia atau collared scops-owl ini memiliki ukuran 23 – 25 cm. Penebarannya ada di sebagian negara seperti Indonesia, Bhutan, Bangladesh, China, Hingkong, India, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, Taiwan, Thailand, serta Vietnam.


Celepuk Maluku 

Celepuk Maluku atau otus magicus dalam Bhs Inggris dimaksud moluccan scops-owl hidup menyebar di Indonesia (pulau-pulau di Maluku Utara, Malu, Nusa Tenggara) serta Timor Leste. 

Celepuk Sulawesi 

Celepuk Sulawesi atau Otus manadensis dalam Bhs Inggris dijuluki Sulawesi scops-owl, burung hantu jenis ini mempuyai ukuran 21 cm yang disebut burung endemic pulau Sulawesi serta pulau-pulau kecil di sekelilingnya.


Celepuk Banggai 

Celelpuk Banggai atau Otus mendeni dalam Bhs Inggris dikatakan sebagai Bannggai scops-owl ini adalah endemik pulau Peleng (Kep. Banggai, Sulawesi Tengah). 


Celepuk Mentawai 

Celepuk Mentawai, nama ilmiahnya otus Mentawai, orang barat mengatakannya Mentawai scops-owl, ukuran badannya sekitaran 20 cm serta adalah burung hantu endemik Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. 

Celepuk Merah 

Celepuk merah memiliki nama ilmiah otus rufescens yang dalam Bhs Inggris dimaksud reddish scops-owl, badannya memiliki ukuran 19 cm, daerah sebarannya mencakup Negara Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Thailand, serta Indonesia yang mencakup (Bangka, Sumatera, Jawa sisi barat, serta Kalimantan).


Celepuk Siau 

Celepuk Siau dalam istilah ilmiah dimaksud otus siaoensis dalam Bhs Inggris diberi nama Siau scops-owl, memiliki badan memiliki ukuran 19 cm. Burung ini adalah endemik Pulau Siau, Sulawesi Utara. 

Celepuk Wallacea 

Celepuk Wallacea atau otus silvicola dalam Bhs Inggris diberi nama Wallace’s scops-owl, ukurannya pada 27 – 30 cm, hewan ini adalah asli endemik Indonesia yang mencakup (Pulau Flores serta Sumbawa).

Celepuk Gunung 

Celepuk gunung atau otus spilocephalus dalam Bhs Inggris dikatakan sebagai montain scops-owl, badannya memiliki ukuran sekitaran 19 cm memiliki daerah sebaran di beberapa negara seperti Bangladesh, Bhutan, China, India, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Taiwan, Thailand, Vietnam, serta Indonesia (Sumatera serta Kalimantan Utara).

Celepuk Sula 

Celepuk sula atau otus sulaensis dalam Bhs Inggris dimaksud sulu scops-owl, terlebih dulu dipandang jadi subspecies otus manadensis/celepuk Sulawesi. Burung ini adalah Burung hantu endemik Kep. Sula (Maluku Utara).

Celepuk Asia 

Celepuk Asia istilah ilmiah otus sunia dalam Bhs Inggris diberi nama Oriental scops-owl, ukuran badannya sekitaran 18 cm menyebar di Korea Selatan, Korea Utara, Laos, Malaysia, Bangladesh, China, India, Jepang, Kamboja Myanmar, Nepal, Pakistan, Myanmar, Nepal, Pakistan, Rusia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Vietnam, serta Indonesia (Bangka, Belitung, serta Sumatera).

Celepuk Wetar 

Celepuk Maluku/celepuk Wetar/otus tempestatis/Wetar scops-owl, adalah burung endemik Pulau Wetar, Nusa Tenggara.

Celepuk Simalur 

elupuk simalur atau otus umbra atau simeulue scops-owl ini memiliki ukuran 19 cm serta meupakan burung endemik Pulau Simeulue, Aceh.

Serak Bukit 

Burung hantu type ini memiliki sebagian nama di ataranya dapat dimaksud serak bukit/wowo-wiwi, nama latinnya phodilus badius, sedang nama Inggrisnya oriental bay owl. Tubuhnya memiliki ukuran 27 cm serta penebarannya ada di sebagian negara seperti Bangladesh, Brunei Darussalam, China, India, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta termasuk juga Indonesia yang mencakup (Sumatera, Jawa, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

Kukuk Beluk 

Kukuk beluk, saat saya kecil burung ini begitu banyak berterbangan pada saat mendekati terbit serta terbenamnya matahari, tetapi saat ini sangatlah tidak sering tampak. Selain kukuk beluk burung ini memiliki nama latin strix leptogrammica orang barat mengatakan brown wood-owl.

Burung ini memiliki ukuran 34 – 45 cm, penebarannya telah ada di beberapa negara seperti Bhutan, Bangladesh, Brunei Darussalam, China, India, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Nepal, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, serta Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, serta pulau-pulau di sekelilingnya).


Seloputi 

Seloputo atau strix seloputo atau spotted wood-owl, burung ini memiliki uku – cm burung hantu yang satu ini adalah burung hantu paling besar yang berada di Indonesia, terkecuali Indonesia peyebarannya berada di sebagian negara beda seperti Filipina, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand, serta Vietnam. 

Serak Jawa 

Tyto alba atau Serak Jawa atau common brown-owl, burung ini memiliki ukuran 29 – 44 cm, daerah penebarannya begitu luas hapir di semua Dunia termasuk juga Indonesia di dalamnya mencakup provinsinya (Sumatera, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Serak Seram 

Tyto almae atau Serak Seram atau Seram masked-owl orang barat mengatakannya, burung ini adalah endemik Pulau Seram, Maluku.


Serak Minahasa 

Tyto inexspectata atau Serak Minahasa dalam Bhs Inggris bernama Minahassa masked-owl, postur badannya memiliki ukuran 27 – 31 cm, burung ini adalah endemik Pulau Sulawesi Indonesia. 

Serak Padang 

Tyto longimembris atau Serak Padang yang dalam Bhs Inggris dimaksud Eastern grass-owl, ukuran badannya pada 32 – 42 cm, penebarannya ada banyak di pulau-pulau Indonesia (Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, serta Papua), diluar itu ada juga di sebagian negara Australia, China, India, Filipina, Myanmar, Nepal, New Caledonia, Taiwan, Thailand, serta Vietnam.

Tyto Multipunctata 

Burung hantu type ini menyebar di Australia, Indonesia Papua, serta Papua New Guinea, burung tyto multipunctata dalam Bhs Inggris dimaksud lasser sooty-owl.

Serak Talibu 

Serak talibu atau tyto nigrobrunnea dalam Bhs Inggris diberi nama talibu masked-owl, ukurannya sekitaran 32 cm, burung ini asli endemik Pulau Taliabu (Kepulauan Sula Maluku).

Serak Australia 

Serak Australia, nama ilmiah tyto novaehollandiae, dalam kamus Inggris Australian masked-owl, ukuran badannya 33 – 47 cm, lokasi penebarannya dari mulai Indonesia Pulau Jamdena, Buru, serta Papua sisi selatan.

Serak Sulawesi 

Serak Sulawesi atau tyto rosenbergii, menurut kamus Inggris bernama Sulawesi masked-owl, burung hantu ini memiliki ukuran 43 – 46 cm, serta adalah asli burung endemik Pulau Sulawesi serta Pulau di sekelilingnya.

Serak Hitam 

Serak hitam atau tyto tenebricosa, orang barat mengatakannya greater sooty-owl, memiliki badan memiliki ukuran 37 – 43 cm, type burung hantu ini menempati lokasi Indonesia (Papua, Australia, serta Papua New Guinea).


Pungguk Papua/Beluk Papua 

Burung yang paling akhir ini memiliki sebagian nama terkecuali dimaksud pungguk Papua serta beluk Papua burung ini masih tetap memiliki 2 nama yakni, uroglaux dimorpha, sedang orang barat mengatakannya Papuan boobok atau Papuan hawk-owl, ukurannya badannya 32 cm, menyebar di Indonesia (Papua New Guinea, Papua, serta Pulau Yapen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-jenis Burung Hantu dan Penjelasannya