Kami berusaha dengan tenaga kami agar menjadi yang lebih dari yang terbaik

7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang

7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang- Halo sobat Pembaca , kali ini saya akan membahas tentang 7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang, baiklah mari kita mulai .Ikan cupang memiliki ketahanan badan yang kuat, bahkan juga didalam air yang kandungan asamnya extreme dia dapat bertahan. Daya tarik pada ikan ini tak pernah alami penurunan dari tahun ke tahun, bahkan juga malah makin bertambah saja. Ikan cupang memiliki keindahan yg tidak dipunyai oleh ikan yang lain, sirip yang indah di semua badannya serta warna yang beragam macam bikin daya tarik masyarakat pada ikan ini tak pernah turun.Soal makanan ikan ini tidak rewel , bisa anda dapatkan disekitar rumah dan di toko ikan.

7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Memerlukan persiapan saat sebelum ikan cupang bersiap kawin atau pemijahan. Tersebut langkah-langkahnya :

Ikan Cupang Yang Cukup Umur

Saat sebelum ikan cupang dikawinkan jadi terlebih dulu kita menyiapkan ikan cupang yang telah cukup usia. Ikan cupang dengan umur kira-kira 4 bulanan sesungguhnya telah dapat dikawinkan namun hasilnya terkadang tak memuaskan, saya mereferensikan usia ikan cupang yang baik untuk dipijahkan kira-kira 6 bulan keatas.

Tanda tanda ikan cupang siap untuk kawin yakni ada gelembung-gelembung udara ditempat ikan cupang kita bila itu jantan, apabila betina jadi ada bintik putih diperutnya serta perut tampak gendut. Bintik putih serta perut yang gendut adalah sinyal ada telur di dalam ikan cupang betina yang siap untuk dibuahi oleh sang jantan.

7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang



7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang




Siapkan Tempat Pemijahan atau Tempat Untuk mengawinkan ikan


Tempat pemijahan cupang tidaklah susah diperoleh bahkan juga bahan serta alatnya ada di sekitar kita, nah selanjutnya alat serta bahan yang perlu kita siapkan :

1. Ember/toples/botol
Tentukan yang agak besar supaya bila cupang jantan terlampau galak jadi cupang betina bisa melarikan diri hingga cidera yang dihadapi tak terlampau parah. Ditambah lagi kita tak kan ganti airnya sepanjang ikan bertelur jadi bakal kurangi kotornya air. Tempat yang agak luas juga berperan supaya mereka leluasa waktu kawin kelak. Ukuran yang umum saya gunakan yaitu seukuran toples sisa astor. Namun juga janganlah terlampau besar yah, kelak ikan cupang tak sama-sama lihat serta dapat bisa tidak berhasil kawin.

2. Tempat telur
Tempat telur dapat berbentuk ijuk, tali ravia, gabus, plastik, tanaman air yang mengapung dan lain-lain. Tempat telur fungsinya yaitu untuk ikan jantan menyimpan gelembung tempat telur. Jadi si tersebut gelembung tak gampang pecah serta berhamburan kemana mana. Tempat telur ini nanti bakal kita tempatkan di atas air (mengapung) atau bisa ditempelkan disamping toples sejajar dengan air jadi gelembung bisa melekat disitu.

3. Air Yang Bersih

Cara Menawinkan Si Cupang

Jika bahannya sudah cukup dan si ikanpun juga siap untuk kawin lakukan langkah langkah berikut:

1. Masukkan air bersih ke ember/toples. Simpan di tempat yang sejuk janganlah terkena cahaya matahari secara langsung.

2. Simpan media penyimpan telur diatasnya. Ikat media tersebut supaya posisinya tak beralih.

3. Masukkan ikan jantan terlebih dulu, biarlah sepanjang 5-10 menit supaya menyesuaikan diri.

4. Masukkan ikan betina ke gelas sisa air mineral (gelas aqua sisa) selanjutnya simpan di tengah tengah ember, supaya ikan jantan memandang ikan betina serta menjauhi serangan ikan jantan, istilahnya PDKT dahulu lah hoho. Biarlah ikan jantan memikat ikan betina dengan memamerkan siripnya. Biarlah sepanjang satu hari, hingga cupang jantan keluarkan gelembungnya.

7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang


5. Sesudah gelembung banyak selanjutnya bebaskan ikan betina dari gelas air mineral tersebut. Bila ikan cupang jantan masih tetap galak bakal berlangsung sedikit ‘drama’ kejar-an pada ikan cupang namun ini wajar kok, umumnya cuma berlaku sebagian jam saja. Namun bila telah siap jantan bakal merayu betina serta mengawali ‘proses’ perkawinan.

6. Bila sesuai ikan cupang bakal kawin lewat cara sama-sama melilitkan badannya. Selanjutnya telur bakal jatuh dari si ikan betina serta ikan cupang jantan akan mengambil telurnya selanjutnya menaruhnya didalam gelembung yang sudah di buat.

7. Bila ikan jantan telah mengusir betina serta betina tampak telah kempes perutnya selekasnya pisahkan si ikan betina dari ember lantaran bila tak ikan betina dapat mengonsumsi telurnya sendiri. Biarlah ikan jantan melindungi telurnya hingga menetas. Beri makan si ikan jantan seperlunya sepanjang dia manjaga telur supaya tak mengonsumsi telurnya. Umumnya burayak bakal tampak bergerak sesudah 2-3 hari. Cermati dengan cermat lantaran ukuran anak ikan cupang sangatlah kecil sekali.


Nah itu dia cara mengawinkan ikan cupang . Silahkan diikuti yaa . Oke cuma itu pembahasan kali ini semoga bermanfaat .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Mengawinkan Ikan Cupang